Freelance Marketplace

Jumat, 22 Juli 2011

Freelance marketplace atau juga dikenal sebagai outsourcing marketplace adalah website yang mempertemukan antara penyedia layanan dan pembeli layanan. disini penyedia layanan (seller) memberikan deskripsi layanan yang mereka tawarkan termasuk portfolio, harga dan detil-detil lainnya. begitu pula penyedia pekerjaan (buyer), mereka bisa menampilkan deskripsi serta spesifikasi dari layanan yang mereka butuhkan termasuk budget, dll.

Melalui sistem feedback yang disediakan oleh masing-masing website freelance marketplace, seller dan buyer bisa saling memberikan penilaian atas kerjasama yang dijalin , sehingga transaksi yang terjadi di antara dua belah pihak adalah transaksi yang terbuka serta adil.

Layanan apa saja yang bisa dijual di Freelance Marketplace ??

Selama layanan yang disediakan tersebut bisa diproses dari jarak jauh (remoting), layanan tersebut bisa dijual di freelance marketplace baik yang berhubungan dengan IT maupun Non IT, contohnya seperti web development, server administrator, administrasi, copywriter, accounting, dll.

Beberapa perusahaan penyedia layanan Freelance Marketplace yang sudah tidak diragukan lagi eksistensinya adalah:

a. Elance (www.elance.com)
b. Guru (www.guru.com)
c. oDesk (www.odesk.com)
d. Joomlancers (www.joomlancers.com)
e. Gent A Freelancer/GAF (www.getafreelancer.com)
f.  Rent A Coder (www.rentacoder.com)
g. Sologig (www.sologig.com)

Dari sini bisa dilihat bahwa freelance marketplace merupakan salah satu bentuk transformasi bisnis yang memungkinkan banyak pekerjaan yang dapat dikerjakan jarak jauh sehingga berpeluang untuk mendapatkan penghasilan yang nyata,cepat,serta tak terbatas.

0 komentar: